"Kurikulum online ; Tugas 1"

Pengembangan kurikulum online memerlukan perencanaan yang hati-hati dan studi kelayakan yang matang agar pengembangan ini mampu menjawab berbagai permasalahan dalam pendidikan, dunia kerja dan keilmuan. Terlebih dahulu dilakukan penentuan pelajaran online untuk melengkapi keberadaan kurikulum online dan kemudian menentukan bagaimana cara yang paling baik untuk mengembangkannya.

Untuk pengembangan kurikulum online diperlukan wawasan yang luas tentang program semua level. Perencanaan pelajaran online memerlukan kerja sama banyak orang dan merefleksikan banyak kemungkinan scenario desain. Banyak langkah yang harus diperhatikan oleh pengajar dalam hal ini, diantaranya :

1. Pengajar harus secara aktif terlibat dengan proses pendidikan dan harus memahami kebutuhan dan harapan peserta pendidikan.

2. Pengajar harus berkolaborasi dengan peserta didik untuk mengumpulkan ide-ide mereka tentang apa yang seharusnya tercakup dalam kurikulum online.

3. Pengajar harus sangat akrab dengan bidang-bidang utama persoalan yang diajarkan agar relevan.

4. Pengajar harus mempunyai ide yang baik yang menjadi keunggulan setiap pelajaran dalam keseluruhan perencanaan kurikulum, informasi dan aktifitas keterampilan yang tercakup dalam struktur tertentu.

5. Pengajar juga akan memahami bagaimana pembelajaran yang layak secara individual.

Diperlukan pengetahuan teknis untuk memasukkan suatu informasi/materi pelajaran dalam suatu kurikulum online. Untuk itu perlu dijalin kerja sama antara pengajar dengan desainer pelajaran dan pengajar lain, serta administrator sebagai anggota tim pengembang pelajaran atau kurikulum.

Untuk pendidikan yang berhasil, peserta didik harus disiapkan pada kegiatan online. Membantu peserta didik menggunakan teknologi penemuan dalam mata pelajaran online dan sosialisasi peserta didik pada pekerjaan dengan lainnya melalui internet adalah komponen penting bagi keberhasilan.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pengajar dalam menggunakan kurikulum online, meliputi:

1. Memfasilitasi Peserta Didik secara Individual

Dalam pembelajaran online pengajar perlu membantu peserta didik mengembangkan strategi untuk mengerjakan pekerjaan mereka secara efisien dan memperoleh informasi dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk melengkapi mata pelajarannya. Memfasilitasi peserta didik secara individual untuk belajar.

2. Menikmati Bekerja dengan Internet

Pengajar harus menikmati penggunaan internet. Peserta didik sering menggunakan internet,maka pengajar harus mengikuti trend dalam desain dan informasinya. Pengajar harus merasa nyaman dengan browsing web untuk mendapatkan informasi baru bagi pembelajaran pengajar. Selain itu dapat membantu perbedaan peserta didik dalam ketepatan search mesines untuk kegiatan mereka. Pengajar harus menjadi peneliti online yang dicita-citakan, yaitu menjadi seorang desainer informasi yang kompeten yang mengikuti pemakaian inter-tatap muka dan teknologi pendidikan.

3. Pertimbangan-pertimbangan penting dalam perencanaan

Downey menyarankan bahwa perencanaan yang strategis suatu tim terdiri dari teknologi, administrator, ahli-ahli menyampaikan materi, tujuan pemakai, dan refresentatif eksternal, seperti anggota masyarakat, atau pimpinan perusahaan.

4. Mengimplementasikan Kurikulum

Pengajar harus memahami bagaimana mengoperasikan pembelajaran online dan membuat alasan mengapa pengajar merancangnya dengan cara tertentu. Implementasi kurikulum online meliputi tiga hal, yaitu:

(1) Peralatan yang ditawarkan

(2) Pekerjaan mengajar setiap hari

(3) Estetika mengajar

Seperti halnya saat ini, saya sedang melaksanakan pembelajaran sistem online, dimana semua mahasiswa diwajibkan untuk membuat e-mail dan blog. Akan tetapi, dosen kami telah mengetahui teknis bagaimana caranya mengoperasikan blog dan email. Banyak keuntungan dari belajar sistem online, kami jadi tahu hal-hal yang tidak kami ketahui sebelumnya bahkan berbagai macam keuntungan yang dapat kita raih dari membuat blog. Dengan sistem kurikulum online ini, banyak kemudahan yang dapat kita peroleh, contohnya saat susah berkomunikasi langsung dengan dosen kita dapat chatting dengan dosen tersebut dan menanyakan segala kesulitan dan kendala yang kita hadapi dengan mata kuliah yang diampu oleh dosen tersebut. Semoga kurikulum online ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menambah pengetahuan yang kita miliki saat ini. Terima kasih , semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber Referensi :

  • Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi dan Informasi, Bandung: Alfabeta

    Diposkan oleh : Rahmi Handayani (09-074)

0 komentar:

Posting Komentar